you're reading...
Berita Telkomunikasi

RIM Akan Segera Luncurkan Layanan Musik


Produsen BlackBerry, Research In Motion (RIM),  dalam waktu dekat ini akan meluncurkan layanan musik streaming  mereka  yang akan bekerja pada semua  perangkat mobile buatan RIM, demikian menurut  sumber internal di RIM seperti yang dikutip dari Reuters. Layanan baru ini merupakan bagian dari upaya RIM dalam meningkatkan layanan BlackBerry Messenger (BBM) mereka dalam bersaing dengan platform pesaing seperti Apple dan Google.

Diberitakan bahwa saat ini RIM sedang dalam negosiasi tahap akhir dengan beberapa perusahaan label music seperti Universal Music Group, Sony Music, Warner Music Group,d an EMI group. Dan layanan baru ini diharapkan akan diumumkan bertepatan dengan hari buruh di Amerika Serikat pada 05 September mendatang.

Market share RIM di Amerika diberitakan telah mengalami penurunan yang tajam, walaupun mereka berhasil melakukan ekspansi penjualan di negara-negara lain dimana hal ini sebagian besar karena kepopuleran layanan BBM mereka.

Matius Thornton, seorang analis di Avian Securities mengatakan bahwa ia meragukan layanan music baru RIM ini akan dapat menarik minat pelanggan baru, tetapi hal ini mungkin dapat membantu mereka untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

“Saya hanya tidak berpikir bahwa dengan meniru Apple akan benar-benar  dapat mengubah situasi mereka dalam waktu dekat”.  “Untuk RIM, ini akan menjadi product pertama dan terpenting mereka dengan OS 7 yang baru…,  dan kemudian tentang QNX dan bagaimana melakukan transisinya”, demikian ditambahkan Matius.

Seperti diketahui, RIM baru saja meluncurkan sistem operasi terupdatenya  pada tiga perangkat touchscreen terbarunya, dimana hal ini  dimaksudkan untuk mengejar ketinggalan mereka dari pesaing seperti  Android dan lainnya. RIM juga  berencana untuk meluncurkan Playbook dengan system operasi QNX, yang merupakan produk RIM pertama yang menggunakan system operasi QNX, pada awal tahun depan. Playbook tersebut direncanakan akan hadir dengan terintegrasi dengan toko musik  7digital. 7digital diberitakan memiliki koleksi  sekitar 13 juta lagu, dan pembelian lagu  yang dilakukan melalui PlayBook dapat dipindahkan ke perangkat lain.

Pengguna BlackBerry juga dapat men-download aplikasi musik dari toko RIM, termasuk Slacker, Rhapsody dan Pandora.

Discussion

No comments yet.

Leave a comment

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.